Hal Hal Yang Diperhatikan Saat Membaca Cerpen


Hal Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membaca/ Menceritakan Cerpen - Masih di kesempatan yang sama, kita akan bahas lagi tentang Cerpen atau Cerita Pendek.

Pernah nggak kamu disuruh maju oleh guru di depan kelas untuk membacakan suatu kisah menarik pada suatu Cerpen? Nah, pasti ada hal-hal yang penting untuk diperhatikan sebelum membaca/ menceritakan cerpen. Oleh karena itu maka saya akan berbagi apa saja yang harus diperhatikan dalam pembacaan Cerpen.

Berikut adalah Hal Hal Yang Diperhatikan Saat Membaca Cerpen:

1. Keruntutan Cerita
Yang dimaksud dengan keruntutan cerita yaitu Cerita Pendek tersebut berawal dari perkenalan sang tokoh kemudian masuk ke konflik cerita maka selajnjutnya ada solusi untuk menyelesaikan nya atau biasa disebut resolusi.

2. Kejelasan Ucapan
Yang dimaksud kejelasan ucapan adalah pengucapan dari mulut pembaca harus benar-benar jelas agar pendengar tidak bingung dengan cerpen yang dibacakan.

3. Intonasi
Yang dimaksud Intonasi yaitu ketepatan penyajian tinggih rendah nya nada yang diucapkan pembaca harus sesuai dengan situasi dalam cerita. Misalnya didalam cerpen seekor Singa marah dengan sang Rusa, maka si pembaca harus menaikkan nada suaranya sama halnya seperti orang lain ketika marah.

Baca Juga:  Pengertian dan Ciri-Ciri Khusus Cerpen

4. Mimik/ Ekspresi
Yang dimaksud Mimik/ Ekspresi adalah raut wajah sang pembaca harus tepat dengan kondisi dalam cerita pendek.

5. Jeda/ Perhentian
Yang dimaksud Jeda. Perhentian adalah dimana sang pembaca berhenti sejenak menceritakan cerpen karena adanya tanda baca seperti koma dan titik.

6. Volume
Yang dimaksud Volume adalah suara pembaca cerpen harus sesuai dengan kondisi pada cerita.

Oke, itulah artikel yang saya ulas mengenai Hal Hal Yang Diperhatikan Saat Membaca/ Menceritakan Cerpen. Sekian untuk artikel Bahasa Indonesia ini jangan lupa Share dan Komen jika bermanfaat. See You..

2 Responses to "Hal Hal Yang Diperhatikan Saat Membaca Cerpen"